Skip to main content

Ciri ciri Pemimpin yang Baik dalam Organisasi

Sebuah organisasi pastinya dibentuk karena memiliki sebuah tujuan, tanpa kepemimpinan yang baik dalam berorgnisasi akan menimbulkan dampak yang sangat negatif bagi tumbuh kembang organisasi tersebut.

Oleh karena itu hendaknya dalam memilih sebuah pemimpin harus mempunyai metode dan standar yang baik agar pemimpin yang terpilih bisa membawa organisasi itu berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Berikut ini Ciri ciri Pemimpin yang Baik dalam Organisasi:

#1 Memiliki Pengalaman Berorganisasi 

Pemimpin yang baik paham betul bahwa sekelompok orang memiliki pemikiran dan pemahaman yang berbeda-beda, fungsi seorang pemimpin pastinya harus bisa menyatukan semua pemikiran itu salam satu wadah dan memberikan jalan tengah untuk kebaikan bersama.

#2 Memiliki Kesabaran

Tanpa adanya kesabaran maka akan sulit menyatukan banyak pikiran , akan sulit meredam kejolak yang ada di dalam kelompok. Jika emosi dibalas dengan emosi maka akan terjadi perpecahan dan tubuh dan ini tidak boleh dilakukan. Pemimpin yang sabar akan selalu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

#3 Memiliki Keterampilan Berkomunikasi

Komunikasi sangat penting untuk terbentuknya sebuah mupakat, dengan komunikasi yang baik pada setiap element anggota akan memberikan dampak yang besar untuk meningkatkan kepercayaan, motivasi serta dukungan dari semua pihak.

#4 Amanah dan Bertanggung Jawab

Amanah dan tanggung jawab merupakan sifat yang wajjib dimiliki setiap pemimpin, baik dalam berorganisasi, berwirausaha , bermasyarakat maupun bernegara. Pemimpin harus sadar bahwa dia telah dijadikan pemimpin untuk memikul sebuah amanah besar dari para anggota maupun bawahannya. 

#5 Memiliki Ketegasan

Tegas bukan berarti sikap yang galak dan bukan juga berarti semena-mena terhadap anggota, tegas ini lebih kepada mengaplikasikan ketentuan maupun peraturan yang sudah dibuat dan disepakati bersama. Tidak ada tebang pilih dalam menerapkan aturan, bahkan jika seorang pemimpin melagkar dia pun harus siap mempertanggungjawabkan perbuatannya.

#6 Memiliki Pengetahuan yang Luas

Pengetahuan yang luas akan mempermudah seorang pemimpin untuk berdiskusi kepada para anggotanya. Banyak ide-ide yang akan muncul dan pemimpin harus sigap dan mampu mewadahi ide-ide tersebut. 

#7 Memiliki Motivasi Tinggi

Tujuan berorganisasi kadang tidak lah mudah, diperlukan jiwa kepemimpinan yang bisa memotivasi para anggotanya untuk tetap semangat, tetap pada orientasi yang benar sesuai dengan yang telah ditentukan.

#8 Memiliki Strategi yang Tepat

Strategi sangat diperlukan untuk mempercepat keberhasilan, tentunya jika seorang leader mampu memberikan strategi terbaik maka oragnisasi yang dia pimpin akan selalu bisa survive dalam banyak kondisi. Strategi kadang muncul karena kecerdasan berfikir, kecerdasan dalam melihat kondisi dan kecerdasan emosional.

#9 Menjadi Pendengar yang Baik

Para angota membutuhkan sosok yang bisa mendengarkan aspirasinya, maka leader yang baik adalah sosok individu yang bisa mendengar keluh kesah mereka, bisa menampung aspirasi mereka, dan bisa mengayomi mereka.

#10 Adil dalam Mengambil Keputusan

Adil merupakan sifat yang sangat terpuji yang wajib dimiliki setiap manusia. Terutama untuk seorang pemimpin yang nanti dia akan mengambil keputusan untuk kebaikan bersama. Keputusan yang adil akan memberikan penyelesaian masalah yang tepat. Adil memberikan dampak yang sangat luar biasa dalam setiap kepemimpinan. Karena jika keputusan tidak diambil dengan keadilan maka ada pihak-pihak yang akan merasa tidak diperhatikan, merasa tidak di perdulikan. Dan ini sangat berbahaya dalam kelangsungan sebuah organisasi baik yang kecil maupun besar.

Telah dijelaskan 10 Ciri ciri Pemimpin yang Baik dalam Organisasi, dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa pemilihan pemimpin sangat harus sangat diperhatikan. dengan menerapkan aspek-aspek diatas kita akan bisa melihat calon-calon pemimpin yang baik yang akan mempimpin organisasi anda kearah yang lebih baik. Oleh karena itu jangan salah lagi dalam pilih pemimpin, salam hangat seo v6.

Comments