Strategi Bisnis: 7 Prinsip Dasar yang Harus Anda Tau!

Kali ini kami akan membahas Strategi bisnis perusahaan dan contoh strategi bisnis yang akan membuat prusahaan anda semakin maju dan sukses.

Strategi bisnis adalah sebuah kata yang terlihat keren, kebanyakan orang suka menggunakan istilah ini. Dan mereka selalu meninggalkan kesan terbaik dengan rekan bisnisnya ketika mereka berbicara tentang 'strategi '.

Tapi kata "strategi" mungkin adalah kata yang paling banyak disalah gunakan dalam bisnis. Dan saya sering memiliki kesan bahwa semakin seseorang menggunakan kata 'strategi' dalam percakapan, banyak yang kurang mereka tahu tentang subjek yang dibicarakan.

Kebanyakan orang yang menggunakannya tidak benar-benar tahu semua tentang strategi itu atau tidak memahami prinsip-prinsip penting strategi bisnis yang mendasarinya.

Sedikit panduan ini akan bisa merubah kesalahan itu.

Berikut ini adalah 7 hal yang saya percaya setiap pemimpin harus tahu tentang prinsip-prinsip strategi dan strategi bisnis.

7 PRINSIP STRATEGI BISNIS SETIAP PEMIMPIN HARUS TAHU

1. Strategi Bisnis: Bersaing untuk menjadi unik, tidak untuk menjadi yang terbaik


Dan jika Anda hanya ingat satu tip dari daftar ini, maka inilah jawabannya. Banyak orang yang membandingkan persaingan di bisnis layaknya dunia olahraga. Menjadi yang terbaik diantara puluhan bisnis yang serupa. Dimana pada kenyataan nya yang terbaiklah yang akan menang dan yang dibawahnya gulung tikar.

Jadi kalau ingin jadi pemenang dalam bisnis maka berlomba-lomba lah menjadi unik karena kalau strategi bisnis kita unik maka kita lah pemenangnya. jangan terbiasa untuk menerapkan strategi yang sama dengan perusahaan lainnya.

2. Strategi Bisnis: Bersaing untuk Keuntungan

Bisnis ini bukan tentang bersaing memiliki pangsa pasar terbesar atau bersaing akan cepatnya pertumbuhan perusahaan. Tapi Ini tentang bagaimana cara menciptakan uang.

'Saya ingin mengembangkan bisnis saya' ini bukanlah strategi bisnis. 'Saya ingin mengembangkan bisnis saya' adalah sama dengan mengatakan, 'Saya ingin menjadi kaya'.

Hal-hal seperti ini (sayangnya) tidak terjadi dengan sendirinya. Tumbuh dan berkembangnya perusahaan bukanlah sebuah strategi, itu adalah "konsekuensinya". Ketika seseorang memasukkan pertumbuhan dalam strategi mereka, harus ada lampu hijau untuk memulai itu.

Itu tidak berarti bahwa Anda tidak boleh menggunakan istilah 'pertumbuhan'. Saya menggunakannya banyak dalam tahap analisis - misalnya, ketika Anda berbicara tentang daerah pertumbuhan bisnis atau ketika Anda mencari platform pertumbuhan - daerah di mana Anda dapat mencapai potensi yang akan memberikan keuntungan tambahan.

3. Ketahui industri Anda sebelum Anda mengembangkan strategi bisnis

Sebuah perusahaan bukanlah sebuah pulau - Sebuah industri hanya bagian dari ekosistem yang lebih besar. Setiap industri memiliki karakteristik sendiri, struktur sendiri. Struktur ini dan posisi relatif perusahaan yang Anda memiliki dalam industri menentukan profitabilitas. Industri tertentu memiliki tingkat return yang lebih tinggi daripada yang lain.

Anda berpikir tentang industri dan industri kompetisi akan menentukan pemikiran Anda tentang strategi Anda - bagaimana Anda akan bersaing dalam industri.

Semakin baik Anda mengetahui dan memahami industri, semakin baik Anda akan dapat menentukan unsur-unsur yang akan membuat bisnis anda menonjol, menjadi unik dan menuai laba rata-rata lebih tinggi dari rata-rata industri.

4. Strategi Bisnis: Pilihan

Di mata saya, ini adalah definisi strategi yang paling sederhana. Anda membutuhkan pilihan yang jelas bagaimana Anda akan melayani para klien.

Ini tentang menghubungkan dunia luar - sisi permintaan - dengan perusahaan Anda - sisi penawaran. Atau dalam istilah lain: Anda membutuhkan nilai proposisi untuk segmen pelanggan tertentu dan mengembangkan kegiatan unik dalam rantai nilai untuk melayani mereka.

Kata kuncinya adalah 'Pilihan'.

Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang. Anda harus menargetkan segmen sebatas pembeli potensial dengan kebutuhan yang sama. Berikutnya, Anda akan menyesuaikan aktivitas Anda sedemikian rupa bahwa agar bisa memenuhi kebutuhan mereka.

5. Sebuah strategi bisnis yang baik mengharuskan Anda untuk mengatakan kata "Tidak" untuk situasi tertentu.

Jika anda sudah mengerti akan kemana tujuan bisnis anda - proposisi nilai yang jelas untuk segmen klien anda, maka Anda akan mengetahui bahwa ada banyak keterbatasan hal yang tidak akan mampu lakukan.

Akan ada klien anda yang tidak bisa anda layani, dan berbagai macam aktifitas yang tidak anda lakukan serta produk yang tidak anda tawarkan.

Dalam strategi ini, Anda memilih apa yang tidak harus dilakukan adalah sangat penting.

6. Sebuah strategi bisnis yang baik mengharuskan Anda untuk terus bergerak

Ketika anda sukses berbisnis. Pesaing akan terus mengejar, kebutuhan dan perilaku pelanggan akan selalu berubah-ubah, teknologi semakin berkembang. Salah satu elemen penting untuk menentukan jalan masa depan bagi perusahaan Anda adalah untuk memprediksi evolusi ini dan tren pemikiran ini ke dalam proses bisnis strategi pembangunan.

Jika Anda tidak melakukannya, Anda dapat kehilangan nilai baru yang diciptakan dalam industri atau bahkan tertinggal dan mendapat kesulitan.

7. Berpikir Skenario adalah alat strategi bisnis penting

Yang terakhir dari prinsip strategi bisnis yang tidak kalah pentingnya adalah. Anda perlu mengubah data menjadi asumsi yang akan memicu proses refleksi Anda. Cara standar untuk bekerja dengan asumsi dengan cara terstruktur adalah dengan memikirkan skenario - memperbaiki beberapa parameter dan membiarkan variabel lainnya bervariasi.

Teknik ini membantu proses refleksi Anda dengan menawarkan rute masa depan yang mungkin untuk perusahaan.

Saya percaya bahwa pemikiran skenario adalah keterampilan penting bagi siapa saja yang ingin berurusan dengan strategi bisnis.

Setiap pemimpin setidaknya harus menguasai dasar-dasarnya sehingga mereka tidak memerlukan konsultan strategi untuk setiap proses refleksi atau setidaknya untuk membantu mereka menantang model skenario yang dihadirkan oleh konsultan strategi.
Sumber: https://jeroen-de-flander.com/business-strategy-principles/

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengedit Template Blogger Contempo Jadi SEO Friendly

Contempo V3: Template Blog Simple Elegant

Cara Memasang Markup Pada Template Blogger Contempo, Terkemuka, Soho & Emporio

PageSpeed Template Blogger SEO Friendly Terbaik Valid Markup Schema Org

Rdesign2 Template Blog Sederhana

Template Blog Simple dan Ringan

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blog

Template Blogger High CTR

Meta Tag SEO Friendly Valid HTML5 True Canonical Blogspot

Cara Membuat Contact Us Via Email Dengan HTML Pada Halaman Statis Blogger