Skip to main content

Pengalaman Cara Menulis Artikel yang Disukai Mesin Telusur

Pengalaman cara menulis artikel yang disukai mesin telusur
Seo V6 - Berawal dari kesukaan saya mempelajari html sampai menjadi penulis sebenarnya berjalan begitu saja mengikuti ritme. Memang agak sedikit membingungkan di awal cerita, namun berkat kerja keras dan usaha pastinya akan terbuka jalan menuju kemudahan. Kemampuan saya dalam menulis artikel pastinya mirip-mirip dengan kebanyakan para pemula, ciri-ciri tulisannya yaitu sedikit acak-acakan, tidak rapi, kesalahan tata bahasa, kesalahan ketik dan lain lain.

Kok bisa seperti itu? Yah tau sendiri yang namanya pemula, tidak mengerti metode yang benar dalam penulisan, selain itu tidak bisa menyajikan artikel dengan format yang baik. Walau sebenarnya konten yang di sajikan sangat bermanfaat. Awal mula percobaan saya menulis tidak berjalan dengan baik, artikel yang saya buat dari hasil pemikiran sendiri tidak menunjukkan peningkatan pada mesin telusur untuk keyword yang saya bidik, sedikit prustasi memang. Karena menulis artikel yang unik itu lumayan susah. Namun saya tidak patah semangat.

Setelah itu saya membuat artikel spin (menulis ulang artikel punya orang lain dengan gaya bahasa berbeda namun dengan maksud dan tujuan yang sama) dengan membidik keyword yang sama . Dan hasilnya pun sama saja, tidak ada peningkatan yang berarti untuk kedua konten yang saya buat. Jadi awal saya berkesimpulan bahwa isi artikel tidak mempengaruhi sedikitpun keyword yang saya pakai . Namun cerita nya belum berakhir sampai disini.

baca juga: 7 teknik SEO blogger berdasarkan pengalaman pribadi

Setelah beberapa bulan berlalu, kurang lebih 3-5 bulan terdapat perubahan yang signifikan antara kedua blog tersebut. Dimana blog yang berisi konten yang unik bikinan sendiri berubah menjadi seperti mendapatkan page rank yang tinggi. Perubahannya mirip-mirip seperti saya mengganti domain gratisan ke top level domain. Padahal artikel yang saya buat pun tidak banyak, hanya sekitar 5 buah artikel dengan panjang antara 300-600 kata, tidak memiliki back link sama sekali dan hanya sedikit pengunjung.

Sedangkan artikel spin juga mendapat perubahan, dimana peringkatnya sudah sedikit meningkat dan sudah agak terlihat, namun tidak bisa di sejajarkan dengan blog yang berkualitas. Di kasus yang lain untuk artikel spin saya terkena pinalty google. Karena optimasi yang berlebihan sehingga dari awalnya peringkat pertama dengan pengunjung yang lumayan banyak akhirnya terhapus dari indeks.

Dari pengalaman di atas, ada tiga garis besar cara menulis artikel seo yang saya dapatkan yaitu:
  • Artikel yang kaya akan kata kunci yang relevan dengan keunikan tingkat tinggi sangat di sukai Search enggine.
  • Pengalaman visitor yang kurang baik tidak disukai serach enggine. Semuanya bisa di pantau dari perilaku pengunjung yang datang.
  • Kecurangan dengan optimalisasi berlebihan malah berdampak buruk bagi konten itu sendiri.
Kenapa keunikan artikel dan tata bahasa yang baik sangat penting dalam SEO? Ini di karenakan mesin telusur ingin menyajikan pengalaman yang baik untuk para penggunanya dengan menyajikan artikel dan konten yang berkualitas dan memiliki keunikan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, sehingga diharapkan pengguna bisa mendapatkan solusi dan manfaat dengan banyaknya refrensi yang di berikan.

Berikut ini tips yang bisa di terapkan dalam menulis artikel yang disukai mesin telusur:
  1. Memiliki keunikan
  2. Kaya akan kata kunci yang relevan 
  3. Hindari persentase yang tinggi dalam kesalahan pengetikan 
  4. Bisa memberikan manfaat bagi pembaca, sehingga ketika pembaca berkunjung di blog, bisa memberikan perilaku yang di sukai mesin telusur.
  5. Minimal 300 kata atau lebih
  6. Artikel spin boleh-boleh saja menurut saya asalkan mengambil tidak hanya satu refrensi yang sama. Tapi ambil banyak refrensi yang berbeda-beda sehingga meningkatkan keunikan artikel yang kita buat.
  7. Jangan copy paste, karena ini bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Kalo mau kopas sertakan linknya
  8. Gunakan gambar yang mempunyai free licence
  9. Jangan melakukan optimalisasi page secara berlebihan, lebih baik natural
  10. Penguasaan materi merupakan faktor utama terbentuk artikel yang berkualitas
Menulis adalah kegiatan yang menurut saya tidak bisa di anggap remeh, karena dengan tulisan kita bisa memberikan dampak perubahan bagi orang lain. Jadi dengan menyajikan hal terbaik yang kita punya, kita sudah bisa membantu orang lain.

Comments