Skip to main content

Cara Menghilangkan Bagian Tertentu Pada Blog

Cara Menghilangkan Bagian Tertentu Pada Blog
Seo v6 - Cara menghilangkan bagian tertentu pada blog atau web, ketika kita hendak membuat sebuah blog atau web dengan menggunkan costum template namun ada element pada tampilannya ada tidak sesuai dengan keingginan kita maka pasti kita akan berusaha untuk menghilangkan element tersebut.

Bagaimana caranya menghilangkan element tertentu atau widgets yang tidak bisa kita hapus pada layout blog? . Maka mau tidak mau kita harus menghapus element html nya langsung pada edit html jika menggunkan platform blogger, namun jika menggunakan wordpress maka yang dihapus adalah code php nya tentunya harus menggunkan hosting sendiri untuk mendapatkan fitur ini.

Sebelum memulai penghapusan kita harus tau dulu code html yang menyusun sebuah element yang nantinya akan kita hapus, Pada artikel sebeleumnya sudah saya jelaskan cara melihat code html blog bisa baca disini : Cara mengubah tampilan blog

Pada contoh kali ini saya akan coba menghapus bagian navigasi pada blog seperti gambar dibawah ini - Seo v6 :

Cara Menghilangkan Bagian Tertentu Pada html

Bisa dilihat pada gambar elemet html yang menyusun navigasinya, setelah itu perhatikan nama element nya!, bisa berbentuk code: id:(nama id), class:(nama class) . lalu buka edit html pada tema blog sobat. seach nama id atau class nya dengan menekan tombol ctrl+f lalu masukkan nama id atau class nya lalu enter.

Cara Menghilangkan Bagian Tertentu Pada edit html

Setelah menemukan element htmlnya klik no sebelah kiri agar codenya menutup menjadi satu baris, selanjutnya bisa langsung dihapus dan lihat hasilnya.

Cara di atas bisa kita gunakan atau terapkan untuk menghapus semua elemet yang tidak kita inginkan pada template blog kita, pada intinya kalo kita sudah paham struktur html template maka tidak akan ditemukan banyak kesulitan untuk menemukan element atau code htmlnya, selanjutnya tinggal dihapus dan selesai masalahnya - Seo v6.

Comments

  1. Artikel tutorialnya benar2 bermanfaat om. 😊

    Kebetulan pada template om saya lihat gak ada kutipan (cuplikan) teks dari isi artikel. Jadi saya lihat tampilan blognya menjadi rapi.

    Beda dengan blog saya yg setiap artikel ada cuplikan teksnya, jadi kesannya gak rapi.

    Udah saya coba cari setingan di tata letak, gak ada setingan untuk menghilangkan teks itu om

    Itu cara menghilangkannya gimana ya?

    Terima kasih atas jawabannya om 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah yang dimaksud adalah artikel snippet?? jadi pada tampilan home pagenya untuk postingan cuma ada gambar dan judul artikel saja tanpa ada yang lain?

      Delete
    2. Yup! Betul om

      Persis seperti postingan artikelnya om,,, yg cuma ada gambar, judul, tombol share dan read more.

      Saya lihat kayaknya jadi rapi banget homepagenya.

      Oh iya, 'read more' nya om kok gak bisa di klik ya?

      Delete
    3. Eh,,, 'read more'nya bisa di klik om,,, mungkin tadi hp saya yg lagi error hehe.

      Oh iya,,, gimana tuh om, cara bikin 'artikel snippet'

      Delete
    4. kalo pake template terkemuka , pake css ini untuk menghilangkan artikel snippetnya,. dan akan hilang di posisi layar mobile

      @media (max-width: 1167px){
      .post-snippet.snippet-container.r-snippet-container {
      display: none;
      }
      }

      Delete
    5. Alhamdulillah sudah berhasil saya pasang om,,,
      Makasih banget :)

      tapi saya lihat artikel snippetnya di blog om kok ada bingkainya ya? jadi seolah2 keliatan matching sama iklan.

      sedangkan kalau artikel saya gak ada bingkainya,,, coba om liat deh,,, itu kenapa ya om?

      Delete
    6. Untuk membuat bingkai pake css ini:

      .post-outer .snippet-thumbnail{ margin-right: 0px; width: 300px;height: auto;}
      .post-content{max-width: 100%;}
      body.feed-view .post-outer-container {border: 1px solid #e5e5e5;
      background: #ffffff;}
      .post-content {
      padding: 15px;}

      Delete
    7. Tambahkan juga css ini

      @media (max-width: 1167px){
      .post-content{max-width: 95%;}
      .post-outer .snippet-thumbnail{
      width: 100%;
      height: calc((100vw - 48px) * 2 / 3);}}

      Delete
    8. ada yang ketinggalan om

      tambahin code css ini untuk memperbaiki tampilan blogposting

      body.item-view .post-content {
      padding: 0px;
      }

      Delete
  2. Oke om, kode CSS diatas itu dipasang pas di kode mana om?
    Misal di bawah kode head, atau di atas body atau dibagian kode yg mana?

    Oh iya, apakah ada bagian kode CSS bawaan yg perlu dihapus gak om?

    Sekedar saran nih om,,, sebaiknya tutorial 'artikel' snippet' seperti ini.
    Kemudian cara pasang next-prevt angka, dan cara membuat breadscrumb pada template terkemuka, masing2nya om bikin artikel tersendiri.

    Saya jamin pasti akan banyak Blogger yg baca, karena saya lihat belum ada blog SEO yg bikin artikel tutorial seperti itu.

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sarannya mas, cara memasang breadcrumb dan tombol next prev sudah akan saya jadikan artikel, apa ada masukan lagi seputar template terkemuka??

      untuk css nya letakkan saja di atas ]]> lalu save

      Delete
    2. Oke sip 👍

      Untuk sementara cukup itu dulu masukannya.

      Makasih ya om 😊

      Delete
  3. Om,,,, saya agak penasaran nih,,,
    Saya perhatikan pada template blognya om, side bar kanan (buka tutup) nya kok gak ada,,,,? apa memang sengaja dihilangkan om?

    Kalau memang iya, apa alasannya? 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om sengaja saya hilangkan, alasan yang paling kuat karena menurut pandangan awam saya navigasi yang tertutup jarang untuk dibuka,.. saya pribadi kalau berselanjar diblog orang paling jarang membuka navigasi yang tertutup, agak riskan kalau saya menempatkan widgate penting didalam area yang tertutup... jadi memang lebih baik untuk tetap menggunakan model standar template yang sudah teruji dari dulu..

      mungkin nanti kalau orang-orang sudah tidak awam lagi masalah internet , pasti model template yang jadul akan saya tinggalkan

      Delete
    2. Oowh ternyata itu alasannya,,,, oke deh, sip om 👍

      Delete
    3. gmn cara agar sidebar yg buka tutup itu tampil di sidebar biasa om... (yg keihatan langsung)

      Delete
    4. di rombak ulang HTMLnya, jadi seperti bikin template baru,

      Delete

Post a Comment