Skip to main content

7 teknik SEO blogger berdasarkan pengalaman pribadi

teknik SEO blogger
Teknik SEO yang saya bagikan ini murni berdasarkan pengalamn pribadi saya , ada 7 poin penting yang harus diperhatikan, dan akan lebih maksimal jika diterapkan secara BERURUTAN.

1. Memilih nama blog SEO harus UNIK, SINGKAT dan MUDAH DIINGAT

Ketika para visitor mampir di sebuah blog dan dia tertarik pastinya dia akan melihat nama blog dan akan mencoba mengingatnya, dan ketika visitor itu ingin berkunjung lagi maka kemungkinan besar dia akan mencari blognya dengan mensearch di google dan mengetikkan nama blog yang dia ingat. disinilah peran penting nya nama blog harus muncul di halaman pertama dalam pencarian google. jikalau nama blog kita tidak muncul pada halaman pertama maka dipastikan visitor akan kesulitan dalam menemukan blog yang diinginkan.

Blog yang baru tentunya tidak mempunyai kekutan apa-apa unutk muncul di halaman pertama. oleh karena itu, kata UNIK akan menjadi POWER yang kuat pada nama sebuah blog. perlu diingat NAMA UNIK PASTI AKAN MUNCUL DI HALAMAN PERTAMA, kita bisa survey terlebih dahulu dalam pemilihan nama blog, dengan cara mensubmite url blog kita ke indeks google dan kita bisa langsung liat hasilnya dalam pencarian, tentunya tidak bisa langsung instan untuk google mengindeks urlnya, perlu beberapa saat, jadi tidak perlu terburu2 ya, sabar saja.

Biasa nya maksimal 24 jam.. ketika sudah 24 jam nama kita belum ada di halaman pertama maka nama blognya belum bisa dikategorikan UNIK. nama unik itu bisa berupa nama pribadi, kata kata yang tidak punya makna ,dan bisa juga singkatan. Tentunya yang harus diingat adalah memilih KEUNIKAN yang tidak mengabaikan faktor nama yang SINGKAT dan MUDAH DIINGAT/MUDAH DI KETIK.

2. Memilih TEMPLATE blog yang BERKUALITAS Seo

Template yang berkualitas tinggi akan memaksimalkan pencarian google sehingga bisa SEBANDING dengan blog yang sudah BERUMUR(tapi memakai template yg kualitasnya jelek) template yang bisa dikatakan kulitas tinggi memiliki syarat sebagai berikut:

- Valid schema org , memiliki markup di setiap sisi template dari header, body, footer, menubar, blogpost, sidebar.. unutk pengujiannya bisa memakai struktur data tool

seo data truktur

- Fast loading, baik yang versi mobile maupun destop memiliki kecepatan loading diatas rata rata. unutk pengujiannya bisa memakai pagespeed tool

seo pagespeed

- Responsive ,bisa otomatis menyesuaikan dan beradaptasi disemua kondisi layar, baik kecil maupun besar). unutk pengujiannya bisa memakai mobile friendly tool

seo mobile friendly

- Memiliki meta tag yang baik misalnya meta diskripsi, meta keyword, meta tag robot yang bisa mencegah duplikat konten, dll. untuk mendapatkan template dengan kualifikasi seperti itu tidak lah mudah. apalagi kita yang selalu punya mental gratisan. template yang di bagikan secara gratis selalu memberikan lebel yang tidak tanggung tanggung , seo friendly, responsive, fast loading, namun kenyataannya NOL BESAR. 99% template yang dibagikan scara gratis tidak punya mutu sama sekali , kecuali hanya tampilannya saja yang menarik.

Jadi tergantung mental masing-masing, mau mengeluarkan uang untuk tempate, atau berusaha sendiri membuat template yang berkualitas. saya pribadi lebih suka membuatnya sendiri, namun perjuangan nya tidak mudah karena memerlukan ketekunan dalam memahami coding dalam html. setelah kita menemukan template yang tepat maka kita harus memsang berbagai atribut pendukung , ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi visitor dalam menjelajahi blog, diantaranya ; about, kontak, privacy, daftar isi, label, populer post, resent post, post berdasarkan label, searching dll. Hindari mengunkan animasi dan widgate yang gak penting misalnya animasi salju salju, widged jam kalender, jumlah visitor.

3. membuat postingan yang berkualitas seo

Teknik SEO blogger untuk postingan yang berkulitas adalah postingan yang isinya bernilai sama dengan UANG, sangat bermanfaat dan tentunya gratis. tidak perlu banyak-banyak , cukup 1 atau 2 saja yang berkualitas tinggi dan yang lainya boleh artikel yang bisa-biasa aja. potingan yang berkualitas tinggi bisa berbentuk apa saja, misalnya artikel, aplikasi, template dll.

Tips dalam membuat artikel yang baik sebagai berikut;
- Tidak hanya menampilkan tulisan saja, tapi ada gambar pendukung.
- Membuat deskripsi, baik dalam artikelnya maupun pada gambar. namun disayangkan kebanyanyakan bloger tidak membuat title dan deskripsi pada gambar, ini mengurangi nilai SEO sebuah artikel menjadi tidak 100%

seo image

- Untuk memungkinkan artikel berada di urutan pertama, artikel harus memiliki minimal 2500 kata.

4. Senantiasa melihat perkembangan blog

Teknik SEO blogger bisa dimulai dengan mendaftarkan di web master tool, disini kita akan dibantu memaintenace kesehatan blog kita dan memperbaiki eror yang terjadi.

seo web master tool

Berikut macam-macam kesalahan yang menyebabkan dampak buruk bagi seo google,
- Eror Page Not Found, ini terjadi akibat penghapusan artikel yang sudah terindek. atau bisa juga terjadi akibat penelusuran yang salah. kesalahan ini bisa diatasi dengan menghapus url yang eror pada webmaster dan Mark as fixed.
- Eror akibat duplikat konten
duplikat konten sangat banyak jenisnya. namun bisa kita ambil garis besarnya menjadi 2 yaitu
A. duplikat konten akibat copy paste artikel. kita bisa mendaftarkan ke DCMA sebagai upaya proteksi konten
B. bisa juga akibat konten sendiri yang ke duplikat ,misalnya dua url blog kita mengarah pada konten yang sama, bisa akibat arsive, lebel, peralihan domain dari com ke co id. cara mengatasinya dengan memaksimalkan meta tag robot, dan menghapus url yang menduplikat pada web master. untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada next artikel selanjutnya.

5. Mempromosikan atau bersabar

Apakah bisa sebuah blog menjadi bernilai tanpa promosi? tentu saja bisa, karena kita tau faktanya adalah kekutan itu terletak pada kualitas yang diberikan dan bukan pada seberapa banyak promosi yang diberikan. Rasa suka itu timbul Karena KITA MENYUKAI HAL TERSEBUT..jadi jgn kawatir,, ketika orang sudah suka maka otomatis sebuah karya itu akan bernilai, dan nilai itu akan membuahkan hasil yang tidak akan bisa di duga.. jadi kayak motivator y, hehe... namun promosi tetap penting bagi yang merasa itu penting, apalagi web yang bersifat jual beli.

6. Pengaruh backlink terhadap seo

Backlink itu sangat powerfull jika terjadi sangat alami, namun bila dibuat-buat saya sarankan harus hati-hati, karena developer google bukanlah isinya org2 yg mudah ditipu. setiap waktu pastinya google akan selalu update untuk menyingkirkan para penipu.

7. Terus belajar dan berkembang

Selalu updete dengan perkembangan jaman, ini sangat penting mengingat keberlangsungan blog juga tergantung pada teknologi terbaru yang kita pakai. bagi sobat blogger yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan di bawah ya, Salam hangat dari seo v6 , 7 teknik SEO blogger berdasarkan pengalaman pribadi

Comments